AETERNUM VALE

Bukankah hidup adalah cerita meninggalkan dan yang ditinggalkan? Setidaknya begitulah menurut Melly Goeslow dalam lagu berjudul “Cinta” yang dirilis lima belas tahun silam. Di tahun inilah kita menyaksikan begitu massifnya mereka yang meninggalkan dan ditinggalkan. Banyak pesohor lintas usia dan profesi meninggalkan kita. Tentu mereka tidak pergi begitu saja, namun meningglkan warisan yang selamanya akan dikenang oleh penggemarnya. Seperti tertuang dalam profil instagram Ernest Prakasa: Hidup bukan perkara durasi tapi kontribusi.

Di tahun ini pula manusia bisa merasakan betapa dekat dan cepatnya maut. Ribuan nyawa telah melayang dengan alasan yang seragam namun masih saja ada yang mengabaikan padahal tenaga kesehatan sudah terlalu berat beban. Saling silang pendapat ramai mewarnai kehidupan sehari-hari. Yang lebih miris lagi dana bantuan dibancaki.

Banyak pendapat orang dalam memandang tahun yang katanya kelam: di masa pandemi ini kau harus bisa jaga kewarasan;jangan gila hanya karena COVID-19;terima kasih sudah bertahan;aku tidak mau hanya bertahan, aku ingin menang.

Oh, satu lagi saranku. Awas pengalihan isu!

Be the first to reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *